Sabtu, 29 Maret 2014

7 Modus Kejahatan Kuras Isi ATM, Waspadalah!



Modusnya menguras isi ATM sangat bervariatif, hendaknya masyarakat sudah harus semakin mewaspadai aksi para oknum-oknum tersebut. Tulisan ini dibuat bukan untuk mengajarkan, namun untuk memberi informasi kepada nasabah yang hendak melakukan penarikan uang secara tunai melalui mesin ATM agar lebih berhati-hati lagi. Berikut merupakan beberapa modus kejahatan untuk menguras uang di ATM.

1. Pura-pura bantu keluarkan ATM yang tertelan

Salah satu korban Heni Pridia (41), menceritakan peristiwa nahas yang menimpanya di sebuah Alfamart di daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur. Heni harus rela kehilangan uang sebesar Rp 15.000.000, tertipu modus baru itu.

"Kejadiannya Jumat pekan lalu, waktu itu saya mau mengambil uang tunai di ATM (bank) Mandiri. Tiba-tiba mesin ATM-nya rusak kayak 'ngehang' gitu. ATM saya jadi gak bisa keluar, terus ada laki-laki coba nolongin saya, bilang bisa bantu keluarin kartu saya," kata Heni.

Heni mengatakan, tanpa rasa curiga dia pun mengizinkan pria berkemeja kotak-kotak itu untuk membantunya. "Ternyata benar, laki-laki itu bisa ngeluarin kartu ATM dari mesin. Saya berterima kasih sama dia terus pulang. Tapi pas sampai rumah saya lihat itu bukan ATM saya. Karena ATM itu ada namanya, atas nama Dewi Sartika," terang Heni.

Mengetahui hal itu, Heni pun langsung menghubungi customer servis Bank Mandiri untuk segera memblokir rekening miliknya. Namun nahas, saat itu uang tabungan miliknya pun ludes diambil pelaku.

"Kata orang bank-nya, uang saya sudah diambil tunai sebesar Rp 10 juta dan Rp 5 juta ditransfer ke rekening lainnya," ucapnya.

2. Matikan listrik di ATM

Ada-ada saja modus bobol ATM yang dilakukan oleh Rudi Hermawan dan dua rekannya. Komplotan bobol mesin ATM tersebut bisa melakukan penarikan uang berkali-kali tanpa mengurangi saldo yang ada.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Setija Junianta menjelaskan modus yang digunakan pelaku dengan cara mematikan aliran listrik mesin tersebut. "Awalnya pelaku mengambil uang di mesin ATM dengan cara biasa," terang Setija.

Mereka, lanjutnya, tidak menggunakan kartu ATM atau mengakali nomor PIN. "Kartu asli dan nomor PIN juga tidak diakali," terangnya.

Aksi licik mereka dimulai saat uang yang akan ditarik terlihat muncul dari mesin. "Begitu uang muncul, pelaku tidak langsung mengambil bahkan, cenderung menahan uang tersebut," jelasnya.

Disaat yang bersamaan uang muncul, pelaku lainnya mencabut stop kontak mesin ATM tersebut yang menyebabkan mesin mati. "Begitu listrik mati, uang yang sudah muncul akan kembali tertelan namun, hal itu sudah diantisipasi pelaku yang sejak awal sudah memegangi dengan sekuat tenaga uang tersebut agar tidak tertelan," papar Setija.

"Kemudian setelah dimatikan, aliran listrik kembali dinyalakan dan pelaku dengan leluasa menarik uang hingga keluar tanpa mengurangi saldo yang ada," pungkasnya.

3. Ganjal ATM pakai batang korek api

Andik Kurniawan. Pria usia 33 tahun warga Kemijen, Kota Semarang tersebut berhasil membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan memanfaatkan batang korek api.

Kepada penyidik, Andik mengaku melancarkan aksinya dengan memasang batang korek api di bagian mulut mesin ATM. Hal tersebut merupakan caranya dalam menghambat nasabah yang hendak mengambil uang.

Panik karena mengalami kendala ketika melakukan penarikan tunai karena bagian mulut mesin yang sudah diganjal oleh batang korek api, lantas korban pun menelepon nomor call centre yang rupanya sudah dipasang pelaku terlebih dahulu.

Rupanya, oknum dibalik nomor call centre yang terpasang di dekat mesin ATM tersebut masih satu komplotan dengan Andik. Kepada korban, pelaku Joko Santoso mencoba menenangkan korban hingga kepada meminta nomor PIN kartu milik korban.

Selain dibantu Joko, Andik juga dibantu rekannya Wahyu Putro Laksono (32). Setelah mendapatkan nomor PIN korban, pelaku pun menyuruh korban menunggu dan mendatangi bank di keesokan harinya. Setelah korban pergi, pelaku yang telah mengetahui nomor PIN korban langsung menguras hartanya.

4. Masuk ke dalam mesin ATM

Selain modus batang korek api, cara unik pelaku pembobol mesin ATM adalah dengan bersembunyi di dalam mesin ATM itu sendiri. Cara ini terbilang kuno di tengah menjamurnya kecanggihan teknologi yang telah menjamur di Tanah Air.

Peristiwa tersebut terjadi tahun 2010 silam. Saat itu Kombes Pol Boy Rafli Amar yang masih menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskan pelaku beraksi di kawasan Mangga Dua, Jakarta Barat.

"Pelaku masuk ke dalam mesin ATM dengan cara merusak bagian belakang mesin," ujar Boy kala itu.

Pelaku, lanjut Boy, nekat bersembunyi di dalam mesin ATM untuk mengambil kartu ATM milik korban yang sedang dipakai bertransaksi. Tersangka ini tidak bekerja sendirian tapi melibatkan kawan-kawannya untuk memantau jalannya aksi yang terbilang kuno tersebut.

5. Berguru pada 'Mbah Google'

Seorang teknisi komputer di Sleman, Jogjakarta, Ruslan Kamaludin (33) sukses 'mengerjai' sejumlah mesin ATM di daerah tersebut. Kemahiran Ruslan dalam aksi bobol mesin ATM didapatinya dari Google.

"Belajar dari Mbah Google. Saya googling, saya praktikan dan saya lakukan upaya pembobolan pada kotak ATM yang mayoritas dilakukan pada pagi dini hari," ujar Ruslan.

Ruslan melancarkan aksinya dengan cara memasang plastik mika pengganjal di celah lubang ATM yang menjadi targetnya. Hebatnya, setelah korban meninggalkan lokasi dengan kondisi kartu ATM yang tertelan, Ruslan bisa mendapatkan kartu milik korban tanpa merusak atau membongkar mesin ATM tersebut.

"Saya ibaratkan disk drive kalau menelan sebuah disket dengan diganjal lempengan mika dengan hanya mencongkel mika maka kartu ATM akan keluar dengan sendirinya. Tanpa harus membongkar kotak boks ATM dan itu saya lakukan di beberapa ATM sasaran. Hanya dengan menekan mika yang saya pasang di dalam bibir lubang untuk memasukkan, ATM langsung keluar," papar Ruslan.

6. Memasang alat Skimmer

Roby dan Hendry harus mengakhiri sepak terjangnya di dunia pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Yang mengejutkan, keuntungan dari hasil kejahatan yang keduanya mencapai angka milyaran rupiah.

Kala itu modus ini dibeberkan langsung oleh Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, yang masih dijabat oleh Komjen Pol Ito Sumardi. Dia menuturkan bahwa ada pelaku pembobol ATM yang terekam CCTV saat sedang memasang alat skimmer pada salah satu mesin.

"Roby tertangkap kamera pengintai (CCTV) sedang memasang alat skimmer di lokasi ATM BCA Gosha, Denpasar, Bali pada 27 Oktober 2007," ujar Ito.

Aksi kedua pelaku yang kerap berpindah-pindah menjadi kendala penyelidikan kasus. Kendati demikian setelah sekitar 3 tahun masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) polisi, keduanya berhasil diringkus pada 2 Februari 2010.

Untuk diketahui, Skimmer merupakan orang atau oknum yang melakukan pembobolan mesin ATM dengan cara mencuri data nasabah yang tersimpan di dalam kartu. Pencurian tersebut hingga kepada nomor PIN kartu ATM si korban.

Sebelumnya, Mabes Polri dalam siaran persnya menyebutkan bahwa Hendry diduga berperan sebagai otak pelaku yang mengumpulkan data ATM nasabah serta uang hasil kejahatan. Sedangkan Roby, diduga sebagai pelaksana lapangan yang memasang alat skimmer , mencuri data, dan menarik uang tunai.

7. Memutus sirine alarm di ATM

Satu dari lima pelaku spesialis pembobolan mesin ATM dan brankas yang terdapat di sejumlah minimarket hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk beraksi. Pelaku lebih memilih mesin ATM dari bank pemerintah lantaran lebih mudah dieksekusi.

Kasat Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heriawan mengatakan, kelompok tersebut sudah terorganisir. "Peran masing-masing anggota jelas. Jadi biasanya di minimarket itu ada dua pintu, pintu besi atau teralis dan pintu kaca," ujar Herry di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/3).

Kemudian, lanjut Herry, kalau pintu teralis itu dibuka paksa pasti alarm akan berbunyi. "Nah, ada satu pelaku yang perannya memutuskan sirine alarm tersebut. Kemudian pintu kaca dibuka paksa dengan kunci L," katanya.

Untuk membobol mesin ATM sendiri, tutur Herry, pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. "Jadi kalau mesin ATM bank pemerintah itu cukup digoyang-goyangkan saja, kemudian sudah bisa ditarik dan brankas isi uang sudah bisa langsung diambil," terang Herry.

Share/bagikan, semoga bermanfaat

Sumber: Merdeka

11 komentar:

  1. Aku sudah diprogram dan blanked kartu ATM saya untuk
    menarik maksimum sebesar $ 50.000 setiap hari untuk maksimal 20
    hari. Saya sangat senang tentang hal ini karena saya punya tambang minggu lalu
    dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 100.000. mark MR wesley adalah memberikan kartu hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan meskipun itu adalah ilegal tetapi
    adalah sesuatu yang baik dan dia tidak seperti berpura-pura penipuan lainnya
    untuk memiliki kartu ATM kosong. Dan tidak ada satu tertangkap saat
    menggunakan kartu. mendapatkan Anda dari dia. Hanya mengirimkan email
    pada wesleymarkhackers@gmail.com

    BalasHapus
  2. I got my already programmed and blanked ATM card to
    withdraw the maximum of $50,000 daily for a maximum of 20
    days. I am so happy about this because i got mine last week
    and I have used it to get $100,000. Georg Bednorz Hackers is giving
    out the card just to help the poor and needy though it is illegal but it
    is something nice and he is not like other scam pretending
    to have the blank ATM cards. And no one gets caught when
    using the card. get yours from Georg Bednorz Hackers today! Just send an email
    to georgbednorzhackers@gmail.com

    BalasHapus
  3. Tengo mi tarjeta de cajero automático ya programado y cubierta de
    retirar el máximo de $ 50,000 al día durante un máximo de 20
    días. Estoy muy feliz por esto porque yo tengo la mía la semana pasada
    y lo he utilizado para obtener $ 100.000. Georg Bednorz hackers está dando
    la tarjeta sólo para ayudar a los pobres y necesitados a pesar de que es ilegal pero
    es algo agradable y no es como pretender otra estafa
    tener las tarjetas de cajero automático en blanco. Y nadie se ve atrapado cuando
    el uso de la tarjeta. obtener el suyo de Georg Bednorz hackers hoy! Sólo tienes que enviar un correo electrónico
    a georgbednorzhackers@gmail.com

    BalasHapus
  4. Tengo mi tarjeta de cajero automático ya programado y cubierta de
    retirar el máximo de $ 50,000 al día durante un máximo de 20
    días. Estoy muy feliz por esto porque yo tengo la mía la semana pasada
    y lo he utilizado para obtener $ 100.000. Georg Bednorz hackers está dando
    la tarjeta sólo para ayudar a los pobres y necesitados a pesar de que es ilegal pero
    es algo agradable y no es como pretender otra estafa
    tener las tarjetas de cajero automático en blanco. Y nadie se ve atrapado cuando
    el uso de la tarjeta. obtener el suyo de Georg Bednorz hackers hoy! Sólo tienes que enviar un correo electrónico
    a georgbednorzhackers@gmail.com

    BalasHapus
  5. Aku sudah diprogram dan blanked kartu ATM saya untuk
    menarik maksimum sebesar $ 50.000 setiap hari untuk maksimal 20
    hari. Saya sangat senang tentang hal ini karena saya punya tambang minggu lalu
    dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 100.000. Georg Bednorz Hacker adalah memberikan
    kartu hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan meskipun itu adalah ilegal tetapi
    adalah sesuatu yang baik dan dia tidak seperti berpura-pura penipuan lainnya
    untuk memiliki kartu ATM kosong. Dan tidak ada satu tertangkap saat
    menggunakan kartu. mendapatkan Anda dari Georg Bednorz Hacker hari ini! Hanya mengirim email
    untuk georgbednorzhackers@gmail.com

    BalasHapus
  6. Somos un equipo de cardado profesional con sede en EE.UU. con un gran anillo alrededor del globo. Con más de 2 millones de ATM infectado con malware y nuestra espumaderas, podemos tomar los datos de tarjetas bancarias, que incluyen la pista 1 y la vía 2 con el PIN de la tarjeta. Esta página proporciona las últimas noticias piratería, exploits y vulnerabilidades de los hackers éticos. Descripción larga esta página proporciona las últimas noticias piratería, exploits y vulnerabilidades de los hackers éticos. Tenga en cuenta que somos hackers éticos y como tal, sólo mostramos cómo hackear sistemas de prueba y no a otras personas. Somos un equipo de cardado profesional con un gran anillo alrededor del globo. A la vez, este clon de tarjetas usando los datos acaparado en tarjetas de cajero automático reales que se pueden utilizar para retirar en el cajero automático o golpe fuerte en tiendas y puntos de venta. Vendemos este tarjetas a todos nuestros clientes y compradores interesados ​​en todo el mundo, la tarjeta tiene un límite de retiro diario de $ 5000 en cualquier cajero automático y su carga hasta el rango de $ 500,000.00 hasta $ 10,000,000 dólares de los Estados gasto estatal limit.If que están interesados ​​en la compra de ATM en blanco tarjetas, tarjetas de crédito o CVV o volcados a continuación, en contacto con nosotros: ghosthackers.blankatmcard.hk@gmail.com

    BalasHapus
  7. Enriquecerse hoy y correr el riesgo de transformar su propia vida.
    Obtener una tarjeta de cajero en blanco hoy (MR MORGAN WEBB) y estar entre los afortunados que se benefician de esta tarjeta. Esta tarjeta ATM en conjunto blanco es capaz de hackear en cualquier ATM en cualquier parte del mundo. Tengo que saber acerca de esta tarjeta de cajero automático cuando estaba buscando trabajo en línea hace un mes .. Realmente ha cambiado mi vida para siempre y ahora puedo decir que soy rico porque soy un testimonio vivo. Cuanto menos dinero consigo en un día con esta tarjeta es $ 3,000. Cada ahora y entonces guardan el bombeo de dinero en mi cuenta. Aunque ilegal, no hay riesgo de ser atrapado, ya que está programado para que no pueda rastrear, pero también tiene una técnica que hace imposible que el CCTV para detectar you.For detalles sobre cómo obtener el suyo hoy en día, los hackers de correo electrónico : Morganwebbhack@gmail.com

    BalasHapus
  8. Estoy aquí para testificar cómo el Sr. Martins me ayudó con la TARJETA ATM en blanco para convertirse en un millonario. Él es un pirata informático maravilloso que envié por correo sobre la TARJETA del COCHE EN BLANCO. Yo estaba en dificultades financieras hasta que tengo esta tarjeta entregada a mí después de pagar por ello. La tarjeta fue enviada a mí en 24 horas y he retirar $ 400,000 ya, $ 4,000 - $ 20,000 diario. Ahora tengo mi libertad financiera, usted puede también ser rico poniéndose en contacto con él vía correo electrónico. Esta es la forma más fácil de convertirse en un millonario en pocos días. Aquí está el correo electrónico si realmente necesita UNA de esta tarjeta. (Martinshackers22@gmail.com martinshackers22@gmail.com) .... 100% REAL

    BalasHapus
  9. Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
    Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya (rickatmcardoffer@gmail.com) ... atau whataspp_number +1) 6106343682.
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK Tuhan untuk hidup.

    BalasHapus
  10. Kami adalah tim carding profesional dengan cincin besar di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 juta ATM yang terinfeksi malware dan skimmer kami, kami dapat mengambil data kartu bank yang mencakup track 1 dan track 2 dengan pin kartu. Kami pada gilirannya mengkloning kartu ini dengan menggunakan data grabbed menjadi kartu ATM nyata yang bisa digunakan untuk menarik diri di ATM atau menggeseknya di toko dan POS. Kami menjual kartu ini kepada semua pelanggan dan pembeli yang berminat di seluruh dunia, kartu tersebut memiliki batas penarikan harian sebesar $ 2500 di ATM dan batas pengeluaran hingga $ 50.000 di toko.
    pesan sekarang: Hubungi kami: atmhacker43@gmail.com, whatsApp: +2349034128196

    Berikut daftar harga kami untuk KARTU ATM:
    NERACA: HARGA
    $ 10.000: $ 500
    $ 20.000: $ 1000
    $ 35.000: $ 1700
    $ 50.000: $ 2500
    $ 100.000: $ 5000

    Harga sudah termasuk ongkos kirim dan ongkos kirim, pesan sekarang: Hubungi kami; atmhacker43@gmail.com whatsApp: +2349034128196

    BalasHapus
  11. Hello Guys, Ini adalah transformasi Life Time !!! Saya telah mendengar tentang kartu ATM kosong ini untuk sementara waktu dan saya tidak pernah benar-benar tertarik dengan itu karena keraguan saya. Sampai saat ini saya menemukan hacker bernama Rick HE ini benar-benar pandai melakukan apa yang dia lakukan dan dia adalah Tuhan yang dikirim. Saya bertanya tentang Kartu ATM Kosong dari dia jika bekerja atau bahkan Ada dia mengatakan kepada saya Ya dan bahwa kartu yang diprogram untuk penarikan uang acak tanpa diketahui dan juga dapat digunakan untuk pembelian online gratis dalam bentuk apa pun. Ini mengejutkan dan saya masih ragu. Kemudian saya mencoba dan meminta kartu itu dan menyetujui syarat dan ketentuannya. berdoa dan berharap itu bukan scam saya menggunakan KARTU kosong dan itu berhasil. Saya menarik tidak kurang dari 8.000 dolar setiap hari KARTU kosong bekerja seperti sihir dan sekarang saya sudah kaya dan terkenal. Saya berterima kasih kepada Rick karena dia mengubah kisah saya. Kartu ini berfungsi dengan baik di semua negara.

    *** Detail kontak melalui rickatmcardoffer@gmail.com atau Whataspp number_2348108439977.

    BalasHapus

Popular Posts